Umbul Tirto Mulyo Boyolali Sebuah Kolam Renang Ala Pemandian di Kerajaan


Solo Raya Pedia - Umbul Tirto Mulyo Boyolali Sebuah Kolam Renang Ala Pemandian di Kerajaan, terletak di Desa Kemasan, Kecamatan Sawit, atau sekitar 12 km ke arah tenggara dari kota Boyolali tepat di depan kantor kecamatan. Umbul ini menyimpan kisah mistis dan tradisi sejarah. Umbul artinya "sumber" tirto berarti "air" dan mulyo adalah "mulia" kurang lebih kalau diartikan "sumber mata air mulia", dinamakan demikian mungkin karena umbul ini tidak pernah mengering.

Baca Juga : Es Kapal Kuliner Legendaris Khas Kota Solo

Umbul Tirtomulyo menjadi salah satu andalan tujuan di Desa Wisata Kemasan (Dewa Emas), Kecamatan Sawit, Boyolali, Jawa Tengah. Pemandian yang konon dibangun pada masa Kerajaan Surakarta Hadiningrat di bawah pemerintahan Paku Buwono X dan masih berjaya hingga sekarang. Umbul yang berciri khas dua buah pintu gerbang berukuran besar di sebelah utara dan selatan sangat kental dengan corak kerajaan Mataram.

Berdasar cerita, Umbul Tirtomulyo ini dianggap sakral oleh warga maka dari itu sering digunakan untuk bertirakat dengan “kungkum” (berendam). Sementara menjelang bulan Ramadan pemandian ini juga ramai untuk ritual padusan (membersihkan diri).

Sumber mata air yang keluar berasal dari air alami begitu Segar dan menyejukkan jika dirasakan. Sementara pohon beringin kokoh berada di sisi barat kolam menambah suasana umbul menjadi adem ayem dan teduh tapi jangan sampai ketiduran ya kalau lagi nyantai hehehe. Umbul Tirtomulyo ini memiliki kedalaman kurang lebih 1,5 hingga 2 meter tersebut berbentuk persegi dengan pagar tembok gaya rustic (tidak diperhalus). Umbul ini juga menjadi sumber air minum, irigasi persawahan, mandi dan mencuci baju warga setempat. Bahkan di akhir pekan tidak jarang warga dari luar Boyolali juga mengunjungi umbul tersebut untuk sekedar berfoto dan berenang menikmati kesegaran di umbul ini.

Baca Juga : Pasar Triwindu Tempat Terlengkap Berkumpulnya Barang Antik Di Solo

Sekian dulu postingan hari ini dari Solo Raya Pedia terimakasih telah membaca artikel kami jika berkenan silahkan follow instagram @solorayapedia agar kita jadi saling kenal dan bisa bertukar informasi, foto Umbul Tirtomulyo diatas kami ambil dari akun instagram @cahyo_subyantoro salam dari kami sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Umbul Tirto Mulyo Boyolali Sebuah Kolam Renang Ala Pemandian di Kerajaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel