Keelokan Pemandangan Negri Diatas Awan Ala Bukit Cumbri Wonogiri



Bukit Cumbri terletak di antara perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, yakni tepatnya di Desa Kepyar, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri dan juga masuk di Desa Pager Ukir, Kecamatan Sampung, Kota Ponorogo. Ya, memang Bukit Cumbri ini berada di lokasi yang merupakan daerah yang terbagi ke dalam 2 wilayah, yakni Wonogiri dan Ponorogo.

Bukit Cumbri mempunyai ketinggian 638 mdpl dan memiliki dua puncak yang masing-masing puncaknya menghadap ke arah barat dan menghadap ke arah timur, berada di sekitaran pegunungan Gunung sewu dengan struktur tanah yang terjal bahkan di sisi kanan dan kirinya cenderung curam.

Untuk bisa sampai ke Bukit Cumbri yang harus kalian lewati yaitu menyusuri jalan Wonogiri menuju Ponorogo. Tidak usah khawatir karena jalanannya sudah lumayan bagus, yang terpenting harus selalu memastikan kendaraan dan kondisi tubuh dalam kondisi prima untuk menaklukkan puncak Bukit Cumbri ini. Dari tempat parkir kendaraan hingga sampai ke puncak Cumbri di tempuh dengan berjalan kaki yang berute lumayan menanjak. Untuk yang sudah terbiasa hiking, tidak akan bermasalah. Dan, untuk pemula, trek menuju Bukit Cumbri bisa dijadikan tempat “latihan” hiking.

Jalur dan Rute untuk sampai ke puncak Bukit Cumbri dapat di lalui dengan 3 Pos Pendakian :
  • Pos yang Pertama ( Pintu Timur ) dari Desa Jatisari, Kecamatan Purwantoro.
  • Pos yang Kedua ( Pintu Tengah ) dari Desa Biting, Kecamatan Purwantoro.
  • Pos yang Ketiga ( Pintu Barat ) dari Desa Kepyar, Kecamatan Purwantoro.

Silahkan pilih pos yang paling dekat dengan lokasi kalian, sebelum mendaki sebaiknya berdoa dulu agar selalu diberi kelancaran dan kekuatan semoga selamat sampai tujuan aamiin.

Setelah melakukan trekking selama hampir 1 jam, maka kini didepanmu akan terhampar sebuah puncak yang indah bernama puncak Cumbri, Dari puncak ini kalian seolah sedang berada di atas awan dan bisa melihat kota Wonogiri lengkap beserta bukit bukit lain yang ada di sekitarnya. Namun keamanan harus tetap menjadi prioritas, selama berada di sini kalian harus ekstra berhati-hati. Hal ini karena Puncak Cumbri memiliki struktur tanah yang tidak rata dimana banyak batuannya yang lebih tinggi dari yang lain, bahkan di sisi kanan dan kirinya cenderung curam. Keindahan puncak Cumbri ini tak kalah dengan Tebing Keraton yang ada di Bandung, Tebing Cadas Gantung di Majalengka, ataupun Eling Bening di Ambarawa.

Tiket masuk ke Bukit Cumbri dikala itu Gratis hanya bayar untuk parkir kendaraan saja, dan jam bukanya adalah 24 jam nonstop.

Jam terbaik untuk berkunjung ke Bukit Cumbri ini adalah di pagi dan sore hari, agar bisa mendapatkan sunrise ketika sedang berada di puncaknya, pastilah keistimewaan yang tiada duanya. Jerih payah mendaki rasanya akan terbayar dengan keindahan yang di dapatkan. Bagi para pecinta fotografi yang akan mengabadikan moment menyambut muculnya sinar mentari, datanglah ketika hari biasa. Hal ini karena jika hari libur, Bukit Cumbri biasanya akan sangat ramai pengunjung, sehingga untuk bisa berfoto harus rela berdesak desakan dengan pengunjung lainya. Berpose di puncak Cumbri dengan background keindahan panorama Wonogiri yang asri, pastilah foto kalian akan bernilai seni tinggi dan membuat orang lain iri hehehe.


Sekian dulu postingan hari ini dari Solo Raya Pedia terimakasih telah membaca artikel kami jika berkenan silahkan follow instagram @solorayapedia agar kita jadi saling kenal dan bisa bertukar informasi, foto Puncak Bukit Cumbri diatas kami ambil dari akun instagram @rezanoviantoro salam dari kami sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Keelokan Pemandangan Negri Diatas Awan Ala Bukit Cumbri Wonogiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel